Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Komeng "Uhuy" Nyaleg, dan Cerita Foto Lucunya

Foto Komeng (Alfiansyah) Saat Nyaleg


Pesta demokrasi 2024 dibalik keseriusan pelaksanaan Pemilu, ternyata masih memiliki cerita lucu dan fenomenal dibaliknya. Hal ini lebih mengandung hal yang positif sekaligus menghibur. Ya, hal ini gara-gara ulah dari foto salah seorang komedian terkenal yang dikenal dengan taqline "Uhuy"...sudah pasti tahulah ya siapa dia. Ya dia adalah Alfiansyah Bustami alias Komeng maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Jawa Barat. Komeng mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD RI tampil beda dibanding dengan calon lainnya. Alih-alih menggunakan foto resmi, Komeng justru memasang foto kocak di surat suara.


Walhasil, calon anggota DPD dengan nomor urut 10 itu sukses memikat atensi publik dan namanya langsung trending di media sosial. Kesan humor yang ditampilkan lewat foto surat suara Komeng, menurut warganet, menciptakan percakapan yang menghibur di tengah seriusnya momen pemilihan. Sebagian warganet bahkan membagikan foto surat suara anggota DPD RI dapil Jawa Barat yang menampilkan Komeng dengan komentar-komentar kocak, menambah nuansa ringan dalam atmosfer politik.


Banyak selebritas mencalonkan diri dalam Pemilu 2024. Beberapa di antaranya mencoba nyaleg untuk masuk DPR RI dan DPRD. Ada pula yang mencoba masuk ke Dewan Perwakilan Daerah (DPD).


Salah satunya komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng. Tahun ini, ia mencoba maju DPD dengan daerah pemilihan Provinsi Jawa Barat lewat jalur independen. Berdasarkan beberapa laman website , Komeng berada di nomor urut 10 dalam pencalonan sebagai caleg DPD Dapil Jawa Barat.


Pada hari pencoblosan, Rabu (14/2), Komeng pun viral menyusul ramai unggahan banyak warga Jawa Barat yang menunjukkan foto komedian itu di surat suara.


Mereka menyoroti foto Komeng yang berbeda dari mayoritas calon DPD. Kebanyakan dari mereka memamerkan senyumnya dengan tatapan mengarah ke kamera. Ada pula yang tampak serius dalam balutan pakaian formal. Sementara itu, Komeng berpose melongok dengan ekspresi kocak.


Diketahui, Perolehan suara Alfiansyah Komeng di Pileg DPD RI berdasarkan hasil sementara real count KPU per 26 Desember 2023 jam 16.01 WIB mencapai 2.341.643 suara atau 19,61%.


Saking tingginya raihan suara Komeng, raihan suara sejumlah politikus kawakan pun tidak mampu menandingi suara Komeng. Tercatat ada 5 politikus dengan raihan suara terbanyak pada Pemilu legislatif di 2024, seperti diantaranya adalah Edhie Baskoro Yudhoyono, Puan Maharani, Hillary Brigitta Lasut, Faisol Reza dan Haeny Relawati.


Lalu apa yang menjadi strategi kampanye komedian ini dalam meraih simpati pemilihnya? Rupanya Komeng menyerahkan foto "agak lain" dibandingkan dengan calon DPD yang ada dalam surat suara. Foto itu seperti "berbicara", tampak Komeng berfoto agak sedikit berekspresi dengan pose "mengagetkan". Tampilan foto agak lain itu memang sudah diceritakan Komeng, dan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun tidak melarangnya.


Komeng mengatakan bahwa foto standar para calon umumnya tidak dapat berkomunikasi atau hanya gambar yang "tidak hidup". Foto Komeng ini memang tampak hidup, dan seolah berkomunikasi dengan pemilih yang hendak mencoblos surat suara DPD. Komeng yang berlatar komedian ini memang memiliki aspirasi untuk memajukan dunia komedi di Indonesia. Ia bahkan menyatakan perjuangannya untuk mewujudkan hari komedi di Indonesia tidak mudah. Komunikasi dengan anggota DPR sudah dilakukan dan juga tidak membuahkan hasil. Dorongan itulah yang ingin diperjuangkan Komeng ketika nanti duduk menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah.


Sumber : viva.co.id, detik.com, bisnis.com,

Baca Juga

iklan