Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Mumpung Lagi Trending..!! Yuk Kita Bahas, Apa Itu Mosi Tidak Percaya

 

Foto : Anak Rohil 

Karena Viralnya kata "Mosi Tidak Percaya" dalam pekan ini menjadi trending topik, Admin Anak Rohil tertarik untuk membahas hal ini. Namun dengan tidak ikut terlibat dalam menanggapi apa yang sebenarnya terjadi dalam hal yang viral saat ini, hanya ingin membahas tentang Apa itu Mosi Tidak Percaya saja. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan makna mosi tidak percaya dan kenapa hal itu bisa terjadi, dan apa dampak yang ditimbulkannya.


Menurut laman Wikipedia, Mosi tidak percaya adalah sebuah prosedur parlemen yang digunakan kepada parlemen oleh parlemen oposisi dengan mengalahkan atau mempermalukan sebuah pemerintahan. Pemerintah sering kali menanggapi mosi tidak percaya dengan mengusulkan mosi kepercayaan.[1][2][3] (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mosi_tidak_percaya)


Sementara itu, dilansir dari laman kontan.co.id , menurut laman ini sendiri, Dalam KBBI, kata "mosi" adalah keputusan rapat, misalnya parlemen yang menyatakan pendapat atau keinginan para anggota rapat. 


Sementara, masih menurut KBBI, mosi tidak percaya adalah pernyataan tidak percaya dari Dewan Perwakilan Rakyat terhadap kebijakan pemerintah.

Selain itu, istilah mosi tidak percaya juga bisa digunakan dalam arti yang lebih luas. 
 

Dalam kamus Cambridge, mosi tidak percaya adalah suatu peristiwa ketika sebagian besar anggota parlemen atau organisasi lain mengatakan bahwa mereka tidak mendukung orang yang berwenang dan bahwa mereka tidak setuju dengan tindakan seseorang atau pemerintahan yang berwenang. 

Artinya, mosi tidak percaya, adalah pernyataan atau pemungutan suara tentang apakah seseorang dalam posisi yang bertanggung jawab (pemerintah, manajerial, dll) tidak lagi dianggap layak untuk memegang posisi itu. 


Sementara itu, Mosi tidak percaya (dalam politik) sendiri adalah pernyataan tidak percaya dari Dewan Perwakilan Rakyat terhadap kebijakan pemerintah.


Hal itu mungkin karena mereka tidak memadai dalam beberapa aspek, gagal melaksanakan kewajiban, atau membuat keputusan yang dirasa merugikan anggota lain. 


Dirangkum dari HistoryExtra, mosi tidak percaya secara tradisi digunakan oleh negara-negara dengan sistem pemerintahan parlementer. 


Sebagai mosi parlementer, ini menunjukkan kepada kepala negara bahwa parlemen yang terpilih tidak lagi memiliki kepercayaan pada satu atau lebih anggota pemerintah yang ditunjuk. Di beberapa negara, jika mosi tidak percaya dikeluarkan terhadap seorang menteri, mereka harus mengundurkan diri bersama dengan seluruh dewan menteri.


Dampak dari terjadinya mosi tidak percaya biasanya dapat menimbulkan spekulasi yang berkembang dengan berbagai sudut pandang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari mana asal muncul dan apa yang menjadi dasar terbitnya mosi tidak percaya ini ditimbulkan.


Semoga dengan postingan ini, para pembaca setia Anak Rohil dapat mengerti akan hal makna mosi tidak percaya. #sama-samabelajar, belajar sama-sama 

Baca Juga

iklan