Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Ternyata, Ini Sejarah Singkat Hardiknas Ya ..

Foto : AR


Hai Guys...Terima kasih sebelumnya udah mampir di website kami...


Hari ini kita secara serentak memperingati Hari Pendidikan Nasional. Nah, Kita simak Yuk, seperti apa awal dan tokoh dibalik peringatan Hari Pendidikan Nasional atau yang disingkat dengan Hardiknas ini. Baca pelan-pelan ya guy...agar bisa diambil hikmahnya.


Hari Pendidikan Nasional, disingkat HARDIKNAS, adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.


Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.[2] Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.


Tut Wuri Handayani ("di belakang memberi dorongan"), 


Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. 


Lahirnya Filosofi 


Filosofinya, tut wuri handayani ("di belakang memberi dorongan"), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.


PERAYAAN


Meskipun bukan hari libur nasional, Hari Pendidikan Nasional dirayakan secara luas di Indonesia. Perayaannya biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat, disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait.


Pada tahun 2023 ini,, tema yang diangkat adalah "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar". Menurut penulis, lewat tema yang diusung tahun ini Pemerintah Republik Indonesia lewat Menteri Pendidikan ingin mengajak masyarakat bersama-sama memajukan pendidikan dengan program merdeka belajar bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Baca Juga

iklan