Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Ini Nih..Pekerjaan Terpopuler Yang Bisa Kamu Geluti

 

Image : https://www.freepik.com/


Salah satu fungsi dari orang harus mendapatkan pendidikan yang layak dan baik adalah, untuk mendapatkan profesi yang mereka inginkan. Bermodal pendidikan yang mumpuni, seseorang ingin mencapai profesi yang mereka inginkan. 


Nah sebelumnya perlu diketahui ya, profesi dan pekerjaan itu berbeda ya. Pekerjaan umumnya tidak memiliki kualifikasi yang signifikan. Kualifikasi yang harus dipenuhi oleh pencari kerja biasanya syarat umum yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan masing-masing. Sedangkan profesi membutuhkan kualifikasi khusus yang harus dipenuhi. 


Berikut ini, Jenis pekerjaan terpopuler yang bisa kamu geluti :


Image : AR


1. Guru 

Profesi guru menjadi populer karena banyaknya kebutuhan guru atau tenaga pengajar di sekolah-sekolah Indonesia. Saat ini pemerintahan Indonesia sedang fokus tentang pemerataan pendidikan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakatnya.


Itulah sebabnya banyak sekolah yang membutuhkan tenaga pengajar yang berkualitas. Bahkan pemerintah mengalokasikan 70 persen dari dana pendidikan untuk gaji guru, itulah sebabnya banyak orang yang ingin menjadi guru.


Image : AR



2. PNS


Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi salah satu profesi yang paling diminati di Indonesia. Profesi ini memberi gaji pokok dan banyak tunjangan, sehingga banyak orang yang menginginkan jenis pekerjaan ini.


Bahkan PNS juga akan memperoleh dana pensiunan yang lumayan banyak jika mereka sudah tidak produktif lagi dalam pekerjaannya. Banyaknya orang yang mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ini menjadi bukti bahwa profesi ini banyak diminati orang.


Image : Teropong Metro


3. Pegawai BUMN 


Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah salah satu lembaga yang membutuhkan banyak tenaga kerja berkualitas. Indonesia bahkan memiliki lebih dari 120 BUMN yang harus dikelola.


Menjadi karyawan BUMN tentu harus memiliki integritas yang tinggi dan keahlian yang mumpuni. Untuk menjadi pegawai BUMN tidaklah mudah, mereka memiliki standar yang tinggi terhadap keahlian pegawainya. Besarnya gaji masih menjadi salah satu faktor profesi ini banyak diincar orang.




4. Tenaga IT 


Pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi memang sangat menjanjikan. Hal ini karena keahlian ini banyak dibutuhkan di setiap perusahaan. Profesi ini adalah salah satu profesi yang populer karena pengaruh zaman yang kian berkembang dalam hal kecanggihan teknologi informasi.


Menjadi seorang IT tentu membutuhkan keahlian khusus. Jika kamu memiliki keahlian ini, contoh pekerjaan berkaitan dengan IT yang bisa dicoba adalah Software Developer, Programmer, System Engineer, dan Software QA. 


Image :AR


5. Pegawai Bank 


Pegawai Bank adalah salah satu jenis pekerjaan populer karena banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan jasa bank untuk menyimpan uang mereka. Hampir semua orang menggunakan jasa Bank, itulah sebabnya instansi keuangan ini membutuhkan banyak tenaga kerja pula.


Berprofesi sebagai pegawai bank dituntut teliti dan ulet dalam melayani dan mengelola uang. Soal keuangan, jika salah sedikit saja akan sangat berakibat fatal. Contohnya jika kamu salah menulis satu nol saja itu bisa sangat merugikan.




6. Akuntan 


Hampir semua perusahaan atau lembaga organisasi sekalipun pasti membutuhkan akuntan karena pada dasarnya semua kepentingan akan ada kaitannya dengan keuangan. Akuntan inilah yang akan mengatur keuangan dan mengurusnya secara transparan dalam laporan pembukuan.




7. Tenaga Medis


Dunia medis atau kesehatan memang selalu terlihat luas dan menarik. Jika bicara soal kesehatan seolah-olah tidak ada habisnya. Setiap orang pasti akan memiliki masalah kesehatannya masing-masing, baik ringan atau berat. Itulah sebabnya tenaga medis sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat.


Bidang kesehatan tampak istimewa karena tidak semua orang bisa ahli dalam bidang kesehatan. Bahkan untuk memperoleh sertifikasi menjadi tenaga medis tidak mudah dan tidak murah. Meski demikian, jenis pekerjaan ini masih menjadi primadona di Indonesia.


Untuk menjadi tenaga medis misalnya dokter, bidan, perawat, dan sebagainya perlu kecerdasan dan keberanian. Mengapa demikian? Karena tenaga medis harus memiliki pengetahuan yang lengkap tentang kesehatan.




8. Marketing 


Jenis Pekerjaan sebagai marketing masih menjadi favorit karena dunia bisnis di Indonesia yang semakin berkembang. Pekerjaan marketing adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Itu lah sebabnya banyak perusahaan yang mencari orang marketing yang bagus untuk bisnisnya.


Menjadi orang marketing harus percaya diri, tekun, ulet, dan tidak mudah menyerah. Pekerjaan ini bisa dibilang susah-susah gampang karena tidak semua orang memiliki keahlian menarik pelanggan untuk membeli sesuatu. Perannya yang penting dalam perusahaan inilah yang membuat seorang marketing bisa memiliki pendapatan yang besar.




9. Desainer Grafis 


Saat ini jenis pekerjaan desainer grafis sedang digandrungi banyak orang, terutama anak-anak muda. Pekerjaan di bidang industri kreatif ini banyak diminati karena perkembangan teknologi yang membuat dunia visual menjadi menarik.


Sekarang visual menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Banyak perusahaan yang mencari desainer grafis untuk merancang dan mendesain produk, promosi, dan sebagainya. Bahkan hampir semua jenis bisnis membutuhkan keahlian ini.



10. Data Analyst 


Data Analyst adalah salah satu jenis pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Mereka membutuhkan seorang Data Analyst untuk membaca, memahami, sampai menerjemahkan data untuk keperluan laporan perusahaan tertentu.


Hampir semua jenis bisnis maupun instansi non profit membutuhkan keahlian seorang data Analyst. Kemampuan Data Analyst yang mumpuni akan sangat mempengaruhi perkembangan suatu perusahaan karena jenis pekerjaan ini berkaitan dengan perencanaan dan perkembangan apa yang harus dilakukan oleh perusahaan.




11. Jurnalis


Jurnalis adalah salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati orang Indonesia. Banyaknya media bermunculan di Indonesia membuat kebutuhan seorang jurnalis juga bertambah.


Apalagi saat ini teknologi sudah sangat mendukung untuk banyak mendapatkan informasi, misalnya banyaknya media online yang bermunculan. Jurnalis menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan karena banyak orang yang membutuhkan informasi.


Nah, itu lah beberapa jenis pekerjaan yang populer dan banyak diminati di Indonesia. Untuk memilih sebuah pekerjaan tentu perlu disesuaikan dengan minat, keahlian, dan bakat yang kita miliki. Hal ini akan berpengaruh pada hasil pekerjaan yang kita lakukan.


Sumber: https://www.gramedia.com/

Editor : AR



Baca Juga

iklan