Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

7 Cara Mengetahui Hp Disadap dan Cara Mengatasinya

 

Image : AR 


Dilansir dari laman www.cnnindonesia.com, Pengguna ponsel (hp) perlu mewaspadai risiko penyadapan yang kini banyak terjadi. Pengguna bisa mempelajari cara mengetahui hp disadap.


Soalnya, penyadapan kadang tidak disadari, tetapi bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja. Padahal, ketika hp disadap, risikonya besar.


Mulai dari data pribadi yang dicuri, dijual di pasar gelap, hingga disalahgunakan untuk menguras harta melalui transaksi keuangan digital yang tersambung di hp.


Maka dari itu, penting untuk mempelajari cara mengetahui hp disadap jarak jauh. Begitu juga dengan tanda kamera hp disadap karena penyadapan bisa melalui fitur kamera.


Cara Mengetahui Hp Disadap


1. Daya baterai cepat habis


Image : AR


Umumnya, oknum yang menyadap hp seseorang akan mengutak-atik isi hp dengan membuka aplikasi, penyimpanan dokumen, dan lainnya. Hal ini membuat hp bekerja lebih sehingga membuat daya baterai cepat habis.


Jika Anda tidak menggunakan hp untuk beraktivitas banyak, tetapi baterainya cepat habis, bisa jadi ini tanda hp tengah disadap.


2. Hp lemot


Image : AR


Ciri hp disadap berikutnya adalah perangkat menjadi lemot. Soalnya, hp dijalankan oleh oknum penyadap dari jauh.


Padahal, Anda mungkin juga menggunakannya sehingga sistem hp bekerja ekstra dan membuat hp jadi lamban alias lemot.


3. Muncul aktivitas aneh


Image : AR


Aktivitas aneh maksudnya seperti aplikasi terbuka dan berjalan sendiri, padahal sedang tidak Anda gunakan. Jika ini terjadi, patut dicurigai.


4. Muncul aplikasi asing


Image : AR


Biasanya, oknum penyadap akan memasang aplikasi asing atau malware di hp yang akan disadap untuk mengakses hp dan mendapatkan informasi dari hp tersebut.


Jika muncul aplikasi asing yang Anda rasa tidak pernah Anda unduh, segera hapus karena bisa mengindikasikan penyadapan.


5. Ada panggilan dan SMS tak dikenal


Image : AR


Cara mengetahui hp disadap berikutnya adalah muncul panggilan dan SMS tak dikenal yang Anda kirimkan kepada orang lain. Padahal, Anda tidak mengirimkannya.


Anda juga patut curiga jika tiba-tiba menerima panggilan dan SMS dari orang tak dikenal, tapi seperti balasan atas pesan yang dikirimkan dari hp Anda.


6. Periksa dengan kode USSD


Image : AR



Cara mengetahui apakah hp Anda tengah disadap atau tidak juga bisa dengan melakukan pemeriksaan menggunakan kode USSD *#21# atau *#06# di menu Panggilan.


Nantinya, pihak provider akan memberi informasi apakah ada panggilan yang dialihkan, data yang ditransfer ke pihak lain, dan sebagainya.


7. Cek email hingga akun media sosial

Image : AR


Salah satu penyebab hp disadap biasanya karena Anda membuka tautan dari email dan ruang pesan di akun media sosial. Ketika dibuka, ternyata itu merupakan sambungan otomatis untuk menginstal aplikasi penyadap.


Maka dari itu, coba cek email dan pesan di akun media sosial Anda apakah pernah mendapat kiriman pesan atau tautan mencurigakan dari orang lain atau tidak.

Baca Juga

iklan