Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Ini Lho, 5 Tol Terpanjang di Indonesia

 

Image : AR


AR - Jalan tol adalah jalan raya yang dikenakan tol atau tarif untuk melintasinya. Jalan tol merupakan bagian dari sistem jaringan jalan dan merupakan jalan nasional. Jalan tol dapat menghubungkan antar kota dan provinsi, sehingga perjalanan menjadi lebih cepat dan nyaman. Selain itu, jalan tol juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat, mempercepat mobilitas masyarakat, dan menjadi sumber pendapatan untuk negara. 


Berikut ini, 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia yang kami lansir dari halaman website : m.kumparan.com .


1. Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung




Dikenal juga dengan nama Tol Trans Sumatera dengan panjang 189 km. Tol ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 November 2019. Kini tol tersebut memberi peran yang sangat penting bagi masyarakat Sumatera.


2. Tol Bakauheni - Terbanggi Besar




Tol ini merupakan tol terpanjang kedua, yakni 141 km. Tol ini juga diresmikan pada tahun 2019 setelah menelan biaya hingga Rp16,7 triliun. Tol ini membantu pengembangan wilayah di Lampung dan sekitarnya.


3. Tol Pekanbaru - Dumai




Jalur tol yang masih merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera ini memiliki panjang hingga 132 km. Tol ini menghubungkan kota Pekanbaru dan Dumai yang meringankan proses jual beli komoditi.


4. Tol Cikampek - Palimanan




Akhirnya beralih juga ke Pulau Jawa, tol satu ini memiliki panjang 117 km. Tol ini menghubungkan wilayah Cikopo, Subang, Purwakarta, dan Palimanan. Salah satu tujuan utamanya adalah mengurangi kepadatan lalu lintas di wilayah tersebut.


5. Tol Balikpapan - Samarinda




Terakhir adalah tol dengan panjang 99 km yang baru diresmikan pada 2020. Ruas tol yang terletak di Kalimantan ini dapat memangkas perjalanan hingga dua jam. Tol ini terbagi menjadi lima seksi. (Adm)

Baca Juga

iklan