Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

10 Nama Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga (Part I)

 


Sahabat adalah orang-orang yang berkumpul dengan Rasulullah saw. dan mengimaninya. Gigih berjuang dan membantu perjuangan dakwahnya. Berkat jasa-jasa mereka, Islam tersebar ke seantero dunia hingga ke tangan kita. Menurut As-Sakhawi, jumlah mereka tidak kurang dari 100.000 orang. Di antara sekian banyak sahabat ada 10 orang yang secara terang-terangan dipastikan masuk surga. 


Para ulama berpendapat, ini bukan berarti yang lain tak mendapat kesempatan surga, tetapi hanya persoalan rahasia Allah saja. Kesepuluh nama tersebut sembilan di antaranya disebutkan Rasulullah saw melalui sahabat Sa’id bin Zaid dalam hadits berikut:  


عَنْ سَعِيدِ بْنِ زَيْدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ نُفَيْلٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: عَشَرَةٌ مِنْ قُرَيْشٍ فِي الْجَنَّةٍ أَنَا فِي الْجَنَّةِ، وَأَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ، وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ، وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ، وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ، وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ، وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ، وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ، وَسَعْدُ بْنُ أَبِي وَقَّاصٍ فِي الْجَنَّةِ ثُمَّ سَكَتَ سَعِيدٌ فَقَالُوا مَنِ الْعَاشِرُ؟ فَقَالَ سَعِيدٌ أَنَا


Artinya: Diriwayatkan dari Sa’id bin Zain bin Amr bin Nufail, Rasulullah saw bersabda, “Ada sepuluh orang dari kaum Quraisy yang akan berada di surga. Aku di surga, Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, az-Zubair di surga, Thalhah di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa’d bin Abi Waqash di surga,” Sa’id pun berhenti sejenak, hingga para sahabat yang menyimak bertanya, “Siapa yang kesepuluhnya?” Sa’id pun menjawab, “Aku.” Lihat: Musnad al-Humaidi, [Damaskus: Darus-Saqa], 1996, juz I, halaman 197).


Dalam riwayat ini, yang disebutkan sembilan sahabat, sebab yang kesepuluhnya adalah Rasulullah saw sendiri. Sementara masyhur dalam riwayat lain, sahabat yang kesepuluhnya adalah Abu Ubaidah bin Jarrah. Demikian seperti yang disebutkan oleh Ahmad bin Hanbal. (Lihat: Ahmad bin Hanbal, Fadhail ash-Shahabah, juz I, halaman 114). 


Adapun ke 10 sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga tersebut sebagai berikut ini :


1. Abu Bakar Ash Shiddiq

Mengutip buku Biografi 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga oleh Sujai Fadil, Abu Bakar adalah sahabat Rasulullah SAW yang berakhlak mulia. Ia juga dikenal sebagai sosok yang berani, kaya akan ide, berpendirian kuat, memiliki sikap toleransi tinggi, sabar, memiliki keinginan kuat, faqih, tawakal dan yakin dengan segala janji Allah, menjauhi hal-hal yang tidak baik, serta selalu bersikap lembut dan ramah.


Abu Bakar dijuluki 'Atiq dan Ash Shiddiq. Sebagian ulama berpendapat bahwa julukan Atiq ini diberikan karena Abu Bakar memiliki paras yang tampan dan berwajah cerah. Sementara julukan Ash Shiddiq didapatkan karena ia membenarkan kabar dari Rasulullah dengan kepercayaan yang sangat tinggi.


Diriwayatkan dalam shahih Bukhari,

"Dari Anas bin Malik bahwa Nabi SAW menaiki gunung Uhud bersama Abu Bakar, Umar dan Utsman. Gunung Uhud pun berguncang. Nabi lalu bersabda: 'Diamlah Uhud, di atasmu ada Nabi. Ash Shiddiq (Abu Bakar) dan dua orang Syuhada (Umar dan Utsman)."


Keutamaan Abu Bakar Ash Shiddiq


* Merupakan manusia terbaik setelah Nabi Muhammad SAW dari golongan umat beliau.

* Merupakan orang yang menemani Nabi Muhammad SAW di gua ketika dikejar kaum Quraisy.

* Ketika kaum muslimin hendak berhijrah, beliau menyumbangkan seluruh hartanya.

* Merupakan khalifah pertama.


2. Umar bin Khattab


Fazl Ahmad dalam bukunya yang berjudul Kisah Empat Khalifah menjelaskan, Umar bin Khattab berasal dari suku Quraisy, cabang Bani Adi yang senantiasa disegani dan dihormati orang.


Umar berusia 12 tahun lebih muda dari Nabi SAW. Sejak remaja, Umar terkenal dengan dua sifat utamanya yaitu berani dan ulet bekerja. Umar juga dikenal sebagai saudagar yang telah mengunjungi banyak negeri.


Keutamaan Umar bin Khattab:


* Al-muhadditsun (diberi ilmu/kemampuan seperti nabi)

* Merupakan khalifah yang sangat bijaksana, kreatif, dan genius.

* Merupakan pemimpin teladan yang selalu mengutamakan musyawarah mufakat untuk mengambil keputusan.

* Mendapatkan hidayah dari doa Rasulullah.


Bersambung...

Baca Juga

iklan