Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Ini Cara Merawat HP Agar Awet dan Tahan Lama

 

Foto : AR

Handphone saat ini bukan saja sebagai alat komunikasi semata, tetapi juga menjadi sebuah kebutuhan tiap orang. Dan saat ini begitu banyak merek handphone (hp) yang sudah ada di Indonesia. Dengan segala jenis merek dan kemampuannya, hp saat ini sudah menjadi barang wajib dimiliki oleh setiap orang saat ingin melakukan komunikasi. 


Namun, dengan harganya yang relatif masih mahal dipasaran, maka dipandang perlu hal bagaimana merawat HP kita agar ia awet dan juga tahan lama. Karena terkadang, keterbatasan ekonomi, banyak yang tidak secara rutin mengganti hp mereka dengan hp yang baru.  Nah untuk itu, kali ini admin membagikan tips bagaimana cara merawat HP agar awet dan tahan lama. Ini tentunya sangat berpengaruh pada performa kerja hp itu sendiri.


Simak ya guys bagaimana cara merawat HP agar awet dan tahan lama yang admin kutip dari berbagai sumber:


1. Ikuti Pedoman Kesehatan Baterai


Foto: AR


Cara merawat HP yang pertama yakni perhatikan kesehatan baterai. Memang tidak ada aturan baku mengenai penggunaan baterai handphone, namun pengguna handphone dapat mengikuti pedoman kesehatan baterai agar baterai handphone awet dan bertahan lama.


Berikut adalah lima pedoman kesehatan baterai terpenting yang harus diikuti:


1. Hindari menggunakan ponsel dalam cuaca ekstrem atau melakukan apa pun yang menyebabkan kondisi handphone terlalu panas. Idealnya, handphone harus selalu berada di antara suhu 32° hingga 95 °F (0° hingga 35 °C).


2. Jangan gunakan telepon saat sedang dicharge karena itu menghasilkan lebih banyak panas.


3. Hindari pengisian nirkabel karena menghasilkan panas yang tidak perlu; menggunakan pengisi daya dinding berkabel biasa adalah cara terbaik untuk mengisi daya ponsel.


4. Jangan mengisi penuh atau menguras baterai handphone; pertahankan antara 20 hingga 80 persen setiap saat. Baterai menurun lebih cepat semakin banyak ketidakseimbangan yang dimilikinya.


5. Hindari pengisian daya semalaman karena siklus pengisian daya yang lama lebih berbahaya bagi kesehatan baterai daripada siklus pengisian daya yang singkat di siang hari.


2. Hindari Paparan Air dan Debu


Foto : AR



Cara kedua untuk merawat HP yakni untuk selalu menghindari paparan cairan dan debu. Cairan dan debu dapat membuat perangkat handphone menjadi rusak. Sedangkan debu yang terperangkap dalam perangkat handphone juga dapat membuat kerja handphone menjadi lebih ekstra.


3. Gunakan Casing dan Pelindung Layar


Foto : AR 



Selanjutnya pengguna dapat menggunakan casing yang sesuai dengan tipe handphone. Handphone juga perlu pelindung layar seperti tempered glass maupun jenis lainnya yang mendukung perlindungan layar.


Hal ini dapat membantu mengurangi goresan saat handphone terjatuh atau terkena guncangan yang keras saat beraktivitas.


4. Bersihkan Semua Lubang, Layar, Kamera, hingga Bagian Samping

Foto : AR


Cara merawat handphone selanjutnya yakni dengan membersihkan semua lubang pada handphone seperti lubang charger, speaker hingga earphone jack bagi handphone yang masih mendukung penggunaan earphone kabel.


Jangan lupa juga bersihkan layar, kamera, hingga bagian samping handphone agar tetap bersih dan kualitas kamera tetap terjaga.


5. Gunakan HP Sesuai dengan Spesifikasi Software dan Hardwarenya


Foto : AR


Selanjutnya hal penting saat merawat HP yakni gunakan HP sesuai dengan spesifikasi software dan hardwarenya. Artinya jangan memaksakan penggunaan handphone bila grafis dan dukungan software tidak memungkinkan.


Bila ingin tetap menggunakan aplikasi yang menguras kinerja handphone, pengguna dapat mengatur pengaturan aplikasi berupa frame rate down grafis pada mode aman. Misalnya pada mode minimal atau medium.


6. Rutin Membersihkan atau Menata Penyimpanan Dokumen


Foto : AR



Merawat handphone berarti merawat juga penyimpanan data maupun pengelolaan memori bawaan yang ada pada handphone. Rajin membersihkan cache atau penyimpanan sementara data juga perlu dilakukan.


Tidak hanya itu, dokumen berupa foto, video, dokumen screenshot hingga dokumen yang berupa file juga perlu dilakukan pengaturan ulang. Hapus dokumen-dokumen atau foto yang tidak begitu penting agar memori handphone dapat digunakan secara maksimal.


7 Restart HP Setidaknya Seminggu Sekali dan Update Software Berkala




Meskipun handphone dalam keadaan yang baik, melakukan restart handphone juga dapat membuat handphone menjadi awet. Dengan melakukan hal itu, handphone dapat bekerja dengan maksimal karena telah melalui proses restart secara rutin.


Selain merestart handphone, pengguna juga perlu memerhatikan software update maupun application update secara rutin. 


Menggunakan software terupdate artinya meringankan penggunaan mesin pada handphone karena masalah pada versi sebelumnya telah diperbarui.


Cara merawat HP agar awet dan tahan lama di atas dalam pelaksanaannya mulai dari bagian luar handphone atau hardware hingga casing handphone hingga perawatan bagian dalam berupa pengelolaan data dan software. 


Baca Juga

iklan