Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Asal Mula Sop Tunjang

image : www.fimela.com

Assalamualaikum, kuliner merupakan satu topik yang tak habis untuk digali. Sehingga hal ini tentunya dapat menambah wawasan kita dalam mengenal khazanah kuliner yang ada di Nusantara. Nah, kali ini..admin ingin mengajak pembaca, mengenal Sop Tunjang dan darimana daerah asalnya berada dan sejarah ditemukannya Sop Tunjang.


Referensi ini admin kutip dari laman : https://budaya-indonesia.org/ . Berikut tentang fakta Sop Tunjang :




Sop Tunjang atau yang biasa disebut sop tulang kaki sapi, mulai diperkenalkan penjualnya pada 1990. Ia bermula dari daerah Japura, Indragiri Hulu, sekitar dua ratus kilometer dari Ibu kota Riau, Pekanbaru. Adalah Ibu Situ, 70 tahun yang memperkenalkan makanan ini pada masyarakat. Pada awalnya, sop tunjang bukanlah sesuatu yang menjadi menu utama. Sejatinya, Siti hanya penjual miso biasa. Sebagai penjual miso, idenya menambahkan potongan tulang kaki sapi ke mangkok miso pelanggannya hanyalah sebagai bonus.




Namun, lama kelamaan, justru banyak pelanggan yang minta tulang ini tanpa miso. Alhasil, porsinya pun berubah. Ia menjadi semangkok sop tulang kaki sapi yang akhirnya dikenal dengan sop tunjang. Dan tunjang itu sendiri adalah nama lain dari makanan yang diolah dari lutut kaki sapi ke bawah. 


Untuk mengolahnya, bulu kaki sapi ini terlebih dahulu dibuang dengan cara dibakar. Kemudian kaki sapi tersebut disayat-sayat hingga mendapatkan daging khas sapi. Bersama tulang yang masih ada, daging kulitnya, sering disebut jangat, direbus sekitar dua jam. Ini dilakukan untuk mengeluarkan kari sapi tulang sehingga terasa enak dan gurih. Setelah itu, barulah ia dimasak sesuai dengan resep standar sop pada umumnya. Untuk menimbulkan rasa pedas, dapat digunakan cabai rawit, yang kemudian dicampur dengan asam dari jeruk nipis dan rempah-rempah bumbu sup.


Sop Tunjang yang berasal dari tulang sapi memang diyakini bisa menimbulkan persoalan kolesterol atau hipertensi (darah tinggi). Ada keyakinan lain bahwa sop tulang juga bisa meningkatkan kalsium pada tulang.

Baca Juga

iklan