Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Satu Jam Lebih Dekat Dengan Afrizal, SH, Siapa Dia?

 

Afrizal, S.H

Di sebuah Kedai Kopi yang ada di Jalan Hang Tuah, Duri..Admin duduk bersama seorang laki-laki yang dikenal dengan santai, dan juga seorang yang low profile. Dari cara dia bicara, menandakan sekali, jika dia orang yang tereduksi dalam berkomunikasi. Beliau adalah Afrizal,SH. Dari logat bicaranya, admin tahu beliau merupakan seorang yang memiliki pergaulan tinggi dengan segenap orang.




Bincang-bincang pun berlanjut serius. Dengan balutan kopi yang khas, dan suasana yang pas, pembicaraan berlangsung santai tanpa rasa panas. Karena tak ada pembicaraan politik yang dibahas..hehehehe..




Dari rangkaian waktu yang mengantarkan intensitas pertemuan itu, admin ingin menggali, siapa dia? Rasa penasaran itu timbul, karena beliau sepertinya terbiasa menghadapi setiap orang dan tahu benar seperti apa lawan bicaranya saat ia bicara.

 

Afrizal, SH dan Keluarga 


Dari pertemuan itu, admin mengetahui setidaknya riwayat singkat beliau, termasuk riwayat pendidikan. Dimana tahun 1996, dirinya tamat di sekolah dasar SD Negeri 066 Air Jamban. Pada tahun 1999, beliau tamat di sekolah lanjutan tingkat pertama (SMP) di SMPN 1 Mandau. Usai dari SLTP, pada tahun 2002 beliau tamat sekolah di SMU Negeri 3 Mandau. Dulu sebelum dikembalikan SMA, namanya SMU yaitu Sekolah Menengah Umum.




Dirinya sempat duduk di bangku kuliah di salah satu perguruan tinggi di Riau dan mengambil jurusan Fisipol, namun oleh karena ada hal yang lebih diutamakan, dirinya urung melanjutkan pendidikan tersebut. Namun tidak patah arang, dirinya tetap semangat untuk melanjutkan pendidikan walaupun menunggu cukup lama setelah berkeluarga dan mempunyai anak tetap semangat.





Keinginannya untuk terus belajar dan belajar, tak pernah padam. Meskipun tergerus oleh waktu dan bergantinya hari. Pengalaman di lapangan yang ia alami, mengubah persepsi beliau dalam hal minat pada dunia belajar. Bahkan ia kembali melanjutkan pendidikannya sebagai bentuk keinginan besarnya untuk meraih impiannya.





Begitu Kampus EHMRI buka di tahun 2019, dirinya langsung mendaftar dengan mengambil jurusan Hukum. Meskipun saat itu usianya sudah berumur 42 tahun. Waktu berputar yang tak pernah memberi kabar, berlalu begitu cepat. Dirinya selesai berkuliah di EHMRi. 





Akhirnya dengan Gelar Sarjana hukum yang akan Yudisium di tanggal 16 Desember mendatang dan akan Wisuda di tanggal 6 Januari 2024. Dirinya juga juga mengikuti PKPA dan UPA PERSADI untuk mengambil Profesi sebagai Advokat pengacara walaupun menunggu sumpah 2 tahun lagi sampai umur Ijazah 2 tahun. Sebuah tekad yang kuat untuk dirinya bisa menjadi seorang advokat atau pengacara.


Saat ini dirinya magang di Kantor Advokat Budianto SH, MH berkantor di Kecamatan Kandis, dan mengikuti teman-teman pengacara juga di Duri. Apa yang menjadi catatan admin adalah, meskipun di usia yang tak lagi muda, dirinya semangat dan semangat dalam menimba ilmu.


Bukan tanpa alasan dirinya suka dengan dunia hukum. Hal ini termotivasi oleh rasa kepedulian beliau dalam melihat para orang yang lebih selangkah darinya. Dirinya juga termotivasi oleh sosok Muslim, S.H., M.H, CPLC, dan Jefri Extarada, S.H., M.H. Sebagaimana diketahui, kedua nama tersebut merupakan dua pengacara yang memang sudah tak lagi diragukan kiprahnya. Selain itu, Cita cita ini didorong oleh keinginan orang tua sendiri yaitu Ayahanda Almarhum ABDUL NA'IM.


Dimana menurut Afrizal sang Ayahanda berpesan kepada putranya itu tetap bersemangat dalam menuntut ilmu.

Dirinya menuntaskan S1 hukum di EHMRI sampai selesai. Dan di tahun depan akan dilanjutkan ke S2 hukum. Walaupun dalam penantian panjang untuk menuntaskan pendidikan.


Dukungan keluarga, sahabat serta orang-orang terdekat menjadi penyemangat utamanya. Semoga langkah beliau, berhasil senada dengan niat baik beliau dalam merintis karirnya. Aamiin.

Baca Juga

iklan