| Tahukah Kamu...!!

Selamat Datang di Website Kami

Breaking News

Ini Lho Guys..Band Rock Pertama di Indonesia

 

Foto : https://surakarta.go.id/?p=26638


Assalamualaikum guys....

Salam sejahtera bagi kita semua...


Kali ini admin ingin membahas hal lain dari yang pernah dibahas sebelumnya. Karena ada baiknya, menambah pengetahuan agar kita bisa mengerti. Apa lagi yang admin sajikan kali ini adalah sebuah tulisan yang berjenis timeline, agar kita tak lupa dengan sejarah.


Kali ini kita membahas sebuah grup musik beraliran rock, yang mana grup musik band beraliran rock ini tercatat sebagai grup band rock pertama di Indonesia. Yuk.. sama-sama kita menambah wawasan..semoga bermanfaat ya...


Foto : https://sarklewer.com/4733/trenchem-hard-rock-band-pertama-asal-solo-idola-presiden/


Siapa sangka? Ternyata Solo banyak menghasilkan seniman-seniman yang luar biasa. Salah satunya Ternchem Band. Mereka merupakan grup musik beraliran rock dan menjadi bagian dari generasi pertama yang muncul di Indonesia. Anggotanya terdiri dari empat personel, yakni Bambang Dőrn Dar (sebagai pemegang lead gitar), Bambang Soewarno alias Espe (sebagai drumer), Bambang Oen Damoera (sebagai pemegang bass), Oni Picauri (sebagai pemain keyboard), dan Bernard S Parnadi (sebagai vokal).


Mulanya, pada tahun 1957 band ini diberi nama Family Yunior. Selang lima tahun kemudian, yaitu tahun 1962, grup musik ini berubah nama menjadi Ternchem.


Foto : https://lontarnews.com/2019/11/25/seni-budaya-band-terenchem-salah-satu-group-musik-tertua-di-indonesia-lontarn/


Pemberian nama Ternchem merupakan singkatan dari Taruna Cemerlang. Band ini terbentuk ketika para personelnya baru lulus SMP. Kemudian, Trenchem melakukan perform pertama kalinya di pabrik gula Soedhono. Lokasinya ada di Desa Tepas, Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur


Lagu mereka yang paling populer berjudul Jaman Edan. lagu tersebut direkam di studio rekaman milik Eugene Timothy. Dengan lagu itu, Ternchem sukses melakukan tur keliling Indonesia dan hingga ke negara-negara di Asia Tenggara, seperti Serawak, Singapura, dan Brunei Darussalam. Beberapa lagu ciptaan mereka yang juga populer, antara lain lagu berjudul Aku Mencari, Sekuntum Bunga, Pak Demang Klambi Ireng, dan Ngiring Nganten. 


Selain lagu-lagunya yang berhasil menghipnotis para penikmat musik rock, aksi panggung band ini juga membuat penonton berdecak kagum. Pasalnya, penampilan band ini selalu diikuti dengan aksi ekstrem diluar nalar manusia. Seperti saat mereka tampil di Malang, Jawa Timur dengan lagu yang dibawakan berjudul Into The Fire. Lalu, vokalis muncul dengan keadaan kepala terbakar. 


Aksi ini berlangsung sejak dimulainya lagu hingga akhir lagu. Dilanjutkan adegan bunuh diri Bernard yang dimasukkan ke peti mati dan diiringan lagu dari Rolling Stone berjudul Coming Down Again.


Karena aksi panggung Ternchem yang tergolong mengerikan dan ektrem, bahkan band ini pernah dilarang manggung oleh pemerintah. Namun, hal ini tak menggoyahkan atensi para penggemarnya. Pendukung Ternchem berasal dari berbagai pelosok negeri. 


Hampir keseluruhan wilayah Jawa mendominasinya. Berkat ketenarannya yang hadir sebagai band cadas pertama di Indonesia, grup musik ini banyak digemari seluruh anak muda pada zamannya. Ini sekaligus menjadi kebanggaan Kota Solo karena telah melahirkan musisi keren dan berbakat.

Tidak ada komentar

Tag Terpopuler