Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Belum Ada SMS Dan WA, Ini Surat Cinta

 


Jauh sebelum peradaban kecanggihan teknologi saat ini, yang sangat mudah melakukan apa saja, termasuk menyatakan cinta antara dua insan yang berbeda. Belum ada android dengan segala jenis teknologi lainnya, jauh sebelum BBM hadir dengan jumawa, serta jauh sebelum Nokia sempat menjadi raja, ada cara komunikasi yang melegenda.....yaitu surat namanya.


Saat ini, menulis surat sudah tak begitu populer lagi. Kecuali menulis surat kedinasan, yang saat ini pun sudah diambil alih oleh teknologi hanya dengan menggunakan smartphone. Hanya butuh keterampilan berpikir, bukan keterampilan menulis.. seperti menulis surat jaman dulu.

Fokus tulisan admin kali ini adalah Surat Cinta. Ya..surat cinta. Selembar kerta putih garis-garis yang berisi rangkaian kata puja penuh makna bagi sang kekasih pujaan hati tambatan jiwa. 


Romansa surat cinta ini tentunya dialami sendiri oleh admin di era 90an. Dimana saat itu harus jujur kita akui, dimana syair dari lagu-lagu negeri seberang mendominasi telinga-telinga kala itu. Dan menjadi inspirasi bagi penulisan surat cinta kala itu. Sebut saja Kumpulan Search, Iklim, Slam dan sejumlah nama grup band atau di negeri seberang dikenal dengan nama kumpulan.

Surat cinta saat itu seperti mewajibkan, kertasnya harus memiliki aroma. Atau berbau harum gitulah. Nah, saat itu.. sejumlah toko-toko grafika menyediakan kertas itu dan lengkap dengan amplopnya. Ciri khas dari surat ini selain wangi adalah, corak dan warna yang variatif. Yang tentunya bisa disesuaikan dengan keinginan hati kita.

Kata-kata Puja-puji Pada Idola Tercinta

Surat yang ditulis pada saat itu, bukan sekedar rangkaian kata-kata formal saja. Tetapi terlebih pada prosa Ode...atau kata-kata pujian kepada orang yang kita cinta. Beberapa kalimat puja-puji tersebut yang masih segar dalam ingatan admin sebagai berikut;

Dek, aku tak tahu bagaimana caranya

Memejamkan mata ini saat malam mulai datang

Karena di kiri dan kananku, selalu ada kamu

Mungkin bahasa ini keterlaluan, tetapi ini ungkapan perasaan

Jangan lupa dibalas ya....

Dan masih banyak lagi sih jenis-jenis kata ungkapan dan puja-puji bagi sang pujaan hati.



Teman, Sebagai Tukang Pos Dadakan 

Dibanding dahulu, mental dalam menyampaikan atau mengungkapkan perasaan kala itu tak seekstrim seperti sekarang yang dilakukan secara terang-terangan. Karena saat itu, rasa malu masih mendominasi hati, sehingga memerlukan jasa pos dadakan sebagai pengantar surat. Yah...bahasa gampangnya Mak Comblang lah.. karena si pengantar surat itu tidak saja mengantarkan surat... tetapi juga menambahkan gambaran betapa kita mencintai orang yang kita suka.

Momen yang tak kalah penting adalah, menunggu balasan surat yang telah dikirimkan. Nah, ini momen yang sangat menguji kesabaran. Terkadang alasan belum dibalas, karena orang yang dituju ingin juga membalasnya dengan kertas surat yang sama dengan aroma berbeda.

Balasan surat ya berbagai macam. Ada yang menerima dengan baik, dan ada yang sama sekali surat tersebut tidak dibalas. Ini momen yang sangat mengandung unsur bawang..atau istilahnya menyedihkan lah. Namun itu resiko dari orang yang memiliki perasaan pada idola idaman..ya kan.

Demikianlah pengalaman Surat Cinta yang dapat admin tuliskan. Semoga bermanfaat. Jika ada saran serta komentarnya, silahkan sampaikan ya .. terima kasih.

Baca Juga

iklan