Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Helmy Yahya, Si Bapak Kuis Indonesia

 

Helmy Yahya
(Sumber Foto: www.sindonews.com)


Drs. H. Helmy Yahya, M.P.A., Ak. (lahir 6 Maret 1962) adalah seorang pembawa acara televisi, aktor, produser dan politikus Indonesia keturunan Melayu dan Palembang, Sumatera Selatan. Ia merupakan adik dari musikus, pembawa acara televisi dan politikus Indonesia, Tantowi Yahya ini justru mengawali kariernya di dunia hiburan sejak 1977.



Helmy Yahya dikenal sebagai Raja Kuis Indonesia setelah Ani Sumadi karena banyak memlahirkan acara kuis di Indonesia yang melegenda dan beliau juga dijuluki sebagai Raja Reality Show karena telah membuat banyak Reality Show di berbagai TV Nasional di Indonesia. Dalam dunia televisi, Helmy Yahya telah meraih 26 Panasonic Award baik sebagai presenter maupun sebagai creator dan produser. Ia juga merupakan salah satu Orang Indonesia yang mengantongi sekitar 30 Rekor Muri Indonesia dan 1 Rekor Dunia kategori Kuis Telama melalui program 24 Hour Quiz. 


Helmy Yahya
(Source: tribunnews.com)


Tak hanya itu, Helmy Yahya pun dikenal sebagai Event Organizer yang handal karena telah berhasil memimpin penyelenggaraan event-event besar nasional termasuk acara Pembukaan dan Penutupan PON Palembang 2004, Seagames Jakarta Palembang 2011 dan PON Riau 2012.



Kemudian dalam perjalanan karir Helmy Yahya, ia juga sempat dianugerahi penghargaan Tokoh Paling Kreatif Indonesia 2006 dari Yayasan Kreatifitas Indonesia, The Most Inspiring Person dari Departemen Sosial RI 2006, Indonesian Small Medium Business Award (ISMBEA) 2008. 


(Source: akutahu.com)


Kini Helmy Yahya dikenal sebagai seorang Creator Digital di YouTube dan TikTok dengan membahas hal seputar isu-isu sosial, kisah inspiratif, bisnis, dan konten-konten edukasi yang menarik, serta di kegiatan yang lain ia juga memimpin berbagai macam bisnis dan mengisi seminar terkait bisnis sehingga dikenal sebagai Business Coach dan oleh karena itu Majalah Fobres Indonesia menganugerahi Helmy Yahya sebagai Top 10 Digital Content Creator 2020.



Helmy Yahya lahir dari keluarga anak Pedagang Kaki Lima di Palembang. Ia merupakan anak terakhir dari 5 bersaudara dan merupakan adik kandung dari Tantowi Yahya. Di kancah politik, Helmy tidak seberuntung kakaknya. Setidaknya, Helmy telah 3 kali ikut dalam perhelatan Pilkada. 



Dalam pilkada Provinsi Sumatra Selatan 2008 sebagai calon wakil gubernur, ia mengalami kekalahan, kemudian di Pilkada Kabupaten Ogan Ilir 2010 dan 2015, Helmy mencalonkan diri sebagai calon bupati namun juga belum mencapai hasil seperti yang diinginkannya. Namun kegagalannya tersebut ia anggap sebagai cara Tuhan untuk menghantarkannya kepada keberhasilan di masa depan, dan terbukti setelah melalui jatuh-bangun dalam dunia politik, ia berhasil mempertahankan dan meningkatkan kesukesan dalam bidang kreatif, pertelevisan dan bisnis lainnya.



Hematnya, usaha yang ia lakukan untuk menjad kepala daerah di masa lampau adalah untuk mengabadi kepada tanah kelahirannya, namun kegagalannya tersebut menyadarkan bahwa mengabdi kepada tanah kelahiran memiliki berbagai macam cara agar tetap bermanfaat untuk banyak orang, dan berdasarkan Video Podast yang beredar di Youtube, beliau sangat mensyukuri kekalahannya tersebut. 



Kini Helmy Yahya hidup bahagia bersama Istri, Anak dan Cucu-cucunya di Jakarta dan menjalankan bisnis bersama, sembari menikmati masa tua dengan menulis buku motivasional dan membuat konten di kanal Youtube dan TikTok.


Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama

Baca Juga

iklan