Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Petromaks, Riwayatmu Kini

 

Image : Source Google 

Anak Rohil - Saat itu, jauh sebelum listrik menerangi hampir setiap jalan bahkan gang, lampu petromaks merupakan penerangan yang cukup dikatakan penerangan yang mewah. Bukan tanpa alasan, karena di saat itu, penerangan di hampir setiap rumah di kampung, masih menggunakan lampu pelita minyak tanah atau di kampung kami disebut dengan istilah populernya lampu pelito.


Petromaks adalah sejenis alat penerangan (lampu) yang menggunakan bahan bakar minyak tanah bertekanan, dan dalam menyalakannya dibantu dengan spiritus (kerosin, parafin). Desain lampu ini ditemukan pada tahun 1910 oleh Max Graetz (1851-1937), CEO dari perusahaan Ehrich & Graetz, yang berpusat di Berlin.




Tahukah kamu, yang memiliki lampu petromaks dirumahnya, merupakan orang yang sangat mewah saat itu di kampung-kampung. Namun itu di era tahun 80 hingga 90 an. Meskipun di era 20 an, mungkin masih ada yang menggunakannya. Namun tentunya sudah sangat langka.


Nah guys, saat adanya lampu petromaks itu ada...kamu saat itu umur berapa ya guys... silahkan komentar ya guys di kolom komentar... Terima kasih 

Baca Juga

iklan