Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Masyarakat

 

Gambar : AR


Oleh : Anak Rohil 


Pendidikan politik bagi masyarakat sangat penting. Selain untuk mengubah pola pikir, juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Terlebih, menjelang pelaksanaan Pemilu pada 2024 mendatang.


Menurut opini admin sendiri, selama ini sebagian masyarakat menganggap politik itu kejam. Padahal, politik punya tujuan mulia, yakni untuk pembangunan, termasuk memajukan Kabupaten Bengkalis.


Pendidikan politik itu penting agar masyarakat memahami tujuan utama dari politik, yang mungkin selama ini memiliki persepsi cenderung negatif. 


Meskipun begitu, admin tak menampik, jika ada oknum aktor politik yang menyalahgunakan kekuasaan. Salah satunya praktik politik uang untuk menarik pemilih atau lebih dikenal dengan money politic.


Admin tentunya juga tak setuju adanya politik uang. Kepemimpinan selama lima tahun tidak boleh digadaikan dengan sejumlah uang. Masyarakat dan para aktor politik harus berkomitmen, tidak ada politik uang. Karena jangan sampai, harapan yang digantungkan, tergadai oleh kepentingan yang tak mementingkan masyarakat itu sendiri.



Terkait hal itu, dihadapan kita akan berlangsung pesta demokrasi. Mulai dari Pemilihan umum presiden, pemilihan kepala daerah, dan pemilihan anggota legislatif. Nah disinilah tentunya diperlukan kepekaan masyarakat dalam memilih calon pemimpin mereka yang diharapkan mampu membawa perubahan bagi tujuan masyarakat itu sendiri.


Selain itu, tahun 2024 nantinya akan diwarnai dengan sejumlah pemilih pemula yang akan ikut mewarnai suara politik di Indonesia. Tentunya diharapkan agar para pemilih pemula ini bisa juga memiliki penilaian tersendiri terhadap pemimpin yang akan dipilihnya.



Dalam hal ini, sosialisasi dari pihak KPU Kabupaten sangat diharapkan mampu melakukan edukasi proses pemilihan bagi para pemilih pemula. Selain itu, admin juga berharap, agar pengawasan pelaksanaan pemilu ini bisa diawasi dengan baik oleh Bawaslu pusat hingga Bawaslu Kabupaten hingga ke Panwaslu Kecamatan dan pedesaan. 


Dalam kesempatan ini, admin juga menghimbau agar masyarakat menggunakan hak suaranya. Karena dengan menggunakan hak suara, ini tentunya bentuk kepedulian dan tanggungjawab masyarakat terhadap perubahan persepsi pembangunan lima tahun kedepannya. 
Baca Juga

iklan