Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Istilah-istilah Yang Ada di Bulan Puasa

 

Foto : AR 


Mendekati bulan puasa, umat Muslim di seluruh dunia mulai mempersiapkan diri untuk meraih kemenangan di bulan suci. Persiapan menyambut bulan suci bisa beragam, mulai dari persiapan fisik hingga iman.


Salah satu cara untuk menyambut bulan suci Ramadan adalah dengan menyebarkan kebahagiaan lewat kata-kata. Bisa melalui pesan di WhatsApp atau caption di media sosial, misalkan.


Selain menyebarkan, sebaiknya kamu juga memahami maknanya. Ketahui berbagai istilah menyambut bulan Ramadan dan istilah yang berhubungan dengan bulan puasa lainnya.


Istilah-istilah Ramadan dan Artinya


Mulai dari ucapan hingga nama kegiatan, ini dia istilah-istilah yang mungkin akan sering kamu dengan selama bulan puasa lengkap dengan artinya.


1. Ramadan Kareem


Foto : AR 



Istilah Ramadan Kareem berasal dari bahasa Arab yang maknanya adalah mendoakan semoga Ramadan bermurah hati kepadamu. Dalam bahasa Inggris, Ramdan Kareem bisa diartikan sebagai "generous Ramadan".


Bulan Ramadan identik dengan hujan berkah dan pahala yang berlipat ganda. Dengan mengucapkan Ramadan Kareem, kamu mendoakan agara orang yang kamu ucpakan mendapat berkah sebanyak-banyaknya di bulan Ramadan ini.


2. Ramadan Mubarak


Foto : AR


Mirip dengan Ramadan Kareem, Ramadan memiliki arti semoga Ramadan ini penuh berkah.


Jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Ramadan Mubarak bisa diartikan "Happy Ramadan" atau "Blessed Ramadan".


3. Marhaban ya Ramadan


Foto : AR



Kalimat yang satu ini mungkin paling banyak didengar, Toppers. Marhaban sendiri adalah kata seru yang umumnya digunakan untuk menyambut atau menghormati kedatangan tamu.


Jadi, bisa dikatakan arti Marhaban ya Ramadan adalah selamat datang wahai Ramadan.


4. Lailatul Qadar


Foto : AR



Lailatul Qadar adalah malam yang sangat dinanti-nanti umat Islam di bulan Ramadan. Malam ini bisa diartikan malam kemuliaan. Malam ini menjadi sangat istimewa karena dikatakan juga sebagai malam seribu bulan.


Dalam arti, ibadah yang dilakukan di malam ini pahalanya berlipat ganda dan rahmat Allah turun berlimpah. Tidak ada yang tahu kapan malam Lailatul Qadar jatuh. Namun, dalam sebuah hadits dikatakan bahwa malm ini jatuh pada malam ganjil di 10 malam terakhir Ramadan.


5. Sahur


Foto : AR



Sahur adalah makan saat dini hari yang dilakukan sebelum menunaikan ibadah puasa, Toppers. Meskipun hukum sahur tidak wajib, alangkah baiknya kamu melakukannya untuk mendapatkan pahala dan menyiapkan diri untuk puasa sebaik mungkin.


6. Ngabuburit


Foto : Google Search 



Ngabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan.Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mencari takjil gratis, mendatangi pasar kuliner atau menghabiskan waktu di taman. Selain itu, kegiatan ngabuburit juga dapat berupa kegiatan keagamaan seperti mendengarkan ceramah ataupun mengaji.



7. Tarawih


Foto : Google Search 



Shalat Tarawih adalah shalat sunnah yang hanya dilakukan di malam hari selama bulan Ramadan. Umumnya, umat Islam menunaikan tarawih di masjid secara berjamaah, bersambungan dengan shalat Isya.


8. Imsak


Foto : AR



Ketika melihat jadwal adzan, kamu pasti sering melihat tulisan "imsak". Imsak sendiri adalah penanda 10 menit sebelum adzan subuh. Tidak berkaitan dengan syariat puasa, penanda ini hanya lazim dimunculkan di wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia.


9. Nuzulul Quran


Foto : AR



Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al-Quran pertama kali. Peristiwa ini jatuh pada tanggal 17 Ramadan sehingga menjadi salah satu hari istimewa di bulan suci.


Bukan sekaligus turun, al-Quran diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap. Pada malam 17 Ramadan ketika Al-Quran pertama kali turun, surat yang diwahyukan adalah surat Al-Alaq ayat 1 hingga 5.


Bagaimanapun, shalat tarawih sebetulnya bisa dilakukan di rumah secara berjamaah maupun sendiri.


10. Kultum (Kuliah Tujuh Menit)


Foto : AR



Salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk menunggu waktu adzan adalah dengan mendengarkan kultum. Kultum adalah singkatan dari Kuliah Tujuh Menit alias ceramah singkat berisikan materi mengenai Islam.


Umumnya, kamu bisa menemukan siaran kultum sebelum adzan subuh dan maghrib.


11. I'tikaf


Foto : AR


I'tikaf menjadi salah satu agenda yang banyak dilkaukan Muslimin dan Muslimah di bulan Ramadan. Menurut istilah, I'tikaf artinya adalah berdiam diri di masjid dengan niat.


Bukan sekadar diam di masjid, I'tikaf bisa diisi dengan berdoa, shalat sunnah, mengaji, berdzikir, dan lainnya. Biasanya, orang yang beritikaf sengaja meluangkan waktu untuk menghatamkan Al-Quran

Baca Juga

iklan