Type Here to Get Search Results !

IKLAN

 



 

Opini : Melihat Pemilu Bengkalis 2024

 

Image : AR

Oleh ; Anak Rohil 

Sejak kontestasi politik mulai bergulir pada awal November 2023 yang lalu, sejumlah gejolak politik di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Bengkalis mewarnai kehidupan masyarakat. Perbincangan politik dari warung kopi ke warung kopi, selalu terdengar di telinga.

Mulai bermunculannya publik figur dan tokoh masyarakat yang ikut dalam kontestasi politik Bengkalis 2024, membuat meriah politik. Tak ayal membuat pilihan masyarakat dengan sejumlah program andalan mereka menjadi bervariasi. Ini tentunya sebuah variasi politik tersendiri bagi masyarakat dalam menentukan pilihannya.

Memasuki awal 2024 yaitu pada bulan Januari, pergerakan politik di masyarakat semakin kencang. Selain manuver politik yang bervariasi, juga tak ketinggalan dugaan adanya sejumlah kabar tak sedap dan juga isu-isu halus yang ikut mempengaruhi pilihan masyarakat. 


Di pertengahan Januari 2024, situasi politik seperti malah berjalan jauh lebih santai dan baik. Sejumlah caleg melakukan kampanye dialogis pun banyak yang tidak terekspos oleh media massa. Hal ini juga bukan menjadi kewajiban untuk dipublikasikan, karena ini merupakan manuver politik yang memang tak ada kewajiban untuk diberitakan. Karena hal ini penulis melihat sebagai hak sang caleg sendiri. Namun ada juga yang dipublikasikan sehingga kegiatan politik sang caleg diketahui oleh masyarakat.


Kerja keras pada caleg meyakinkan masyarakat dalam kampanyenya merupakan usaha yang sangat luar biasa. Mereka datang ke masyarakat untuk meraih simpati dengan sejumlah program yang mereka tawarkan. 

Memasuki bulan Februari, tanggal 14 Februari pun akhirnya tiba. Indonesia melakukan Pemilihan Umum secara serentak, termasuk di Kabupaten Bengkalis. Diketahui, jumlah TPS yang ada di Kabupaten Bengkalis yaitu 1806 TPS yang tersebar di 155 Kelurahan dan desa. (mohon dikoreksi bila ada ketidaksesuaian).

Pada momen ini, sejumlah suara masyarakat sudah bisa terlihat dari sejumlah perolehan suara di masing-masing TPS yang tersebar di Kabupaten Bengkalis, meskipun masih belum 100 persen. Namun tentunya, soal hasil pasti, masih menunggu Rapat Pleno KPUbyang dilakukan dalam beberapa waktu dekat ini.

Dari hasil suara sementara seperti apa yang ada di sejumlah media online yang ada di Kabupaten Bengkalis, terjadi dua hal yang tentunya merupakan hal klasik. Yaitu tentang elektabilitas suara. Ada yang naik secara signifikan. Apa lagi animo masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya masih belum meningkat tajam, namun ini merupakan hal yang kedepannya perlu kembali dilakukan edukasi oleh KPU ke masyarakat betapa pentingnya dalam memberikan suara mereka dalam kontestasi politik.

Namun dalam kesempatan ini, admin memang tidak mengulas soal hasil Pemilu 2024. Karena apa yang admin sikapi adalah situasi dan juga sejumlah manuver politik. Karena apa yang terpenting adalah, penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Bengkalis berjalan dengan lancar dan aman. Soal terjadinya PSU atau pemilihan suara ulang, itu bukan saja terjadi di Kabupaten Bengkalis, di sejumlah daerah di Riau juga ada melakukan PSU. 

Kesimpulannya, apa pun hasil yang didapatkan oleh masing-masing caleg dalam perolehan suaranya, mungkin itulah hasil yang didapatkan secara nyata. Karena perlu diketahui, masyarakat sebagai pemilih saat ini sudah bijak dalam menentukan pilihan mereka. Jika mereka pilih yang terbaik, maka mereka akan mendapatkan wakil rakyat yang terbaik untuk menyuarakan aspirasi mereka. Begitu juga dengan sebaliknya. Karena hitam dan putih hasil dari sebuah pilihan adalah ditangan kita sebagai pemilih.
Baca Juga

iklan